Citizen Journalism dalam Journalism Online



Citizen journalism merupakan warga biasa yang memberikan atau menyebarkan sebuah informasi atau berita dan mereka bukanlah seorang journalis profesional. Walaupun citizen journalis bukan seorang wartawan yang profesional namun kegiatannya sama dengan journalis pada umumnya. Mereka mengumpulkan informasi atau peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar, menulis berita, mengedit berita, dan menyiarkan berita. Cara mereka dalam menyiarkan berita yaitu dengan mengirim tulisannya kepada media massa seperti koran atau bahkan media online. Kemudian pihak redaksi menerima berita tersebut dan memutuskan apakah berita tersebut layak untuk di publikasikan di media massanya. Terdapat pula citizen journalism yang di sebut sebagai seorang blogger karena mereka menyiarkan beritanya menggunakan blog. Pada era sekarang ini sudah marak masyarakat yang menyiarkan beritanya melalui media online maka dari itu citizen journalism semakin berkembang karena semakin mudah dalam menyampaikan beritanya. Citizen journalism dalam journalism online bisa juga di sebut sebagai blogger. Namun tidak semua blogger merupakan seorang jurnalis. Media yang digunakan citizen journalism merupakan media online seperti blog. Media online merupakan media yang tersaji secara online melalui sebuah website internet. Situs media online dapat menyajikan berita dalam bentuk teks, audio, video, grafis, dan gambar. Serta media online merupak media yang cepat diakses sehingga setelah mem-posting berita di media online semua orang dapat mengaksesnya.

Citizen journalism tidak mengenal kode etik, undang-undang, atau aturan main seorang jurnalis. Sementara untuk jurnalis professional terikat oleh code of conduct dari manajemen tempat mereka bekerja, code of ethics dari organisasi profesi serta undang-undang pers dari pemerintah dan tentu saja seorang jurnalis professional sudah dibekali oleh dasar-dasar jurnalistik. Namun, seorang citizen journalis bisa juga menjadi jalan bagi jurnalis professional dalam mendapatkan informasi awal. Setelah itu informasi dapat digali lagi lebih dalam dan bisa disajikan secara lengkap dan akurat.


Walaupun citizen journalism tidak terikat dengan kode etik tetapi mereka juga harus mengenal norma-norma yang berlaku. Menulis berita di media massa online memiliki banyak tantangan karena tidak adanya batasan yang jelas mengenai apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dalam menulis berita atau informasi di internet. Maka dari itu sangat penting bagi citizen journalism untuk mengenal batasa-batasan tersebut. Karena dalam menulis berita online terdapat pula kode etiknya seperti media online tidak boleh memuat berita bohong, fitnah, sadis, dan cabul. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait ras, agama, suku, serta tidak menganjurkan kekerasan, tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis, dan tidak merendahkan martabat orang lemah atau miskin. Jadi, itulah yang harus diperhatiakan oleh citizen journalism dalam menulis media secara online.

Comments

Popular Posts